08 Juni 2015

Kurma di Bulan Puasa

Sebentar lagi bulan puasa, dan muncullah buah kurma di berbagai tempat. Bagi dunia kesehatan, buah kurma yang identik muncul di bulan puasa adalah pengganti energi yang hilang setelah berpuasa seharian. Rasa manis yang dihasilkan buah kurma juga mengontrol nafsu makan ketika berbuka puasa agar tidak makan berlebihan.

Buah kurma memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya mengandung gula antara 75% - 87%, untuk gula yang berbentuk glukosa sekitar 55% sedangkan 45% membentuk fruktosa. Manfaat kurma sangat berguna untuk tubuh karena banyak mengandung protein, mineral, lemak dan vitamin antara lain vitamin A, B2, B12. Makan dengan begitu melihat banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tidak heran jika kurma memiliki manfaat kesehatan seseorang ketika menjalani puasa. Apa sajakah manfaat kurma bagi kesehatan ?

Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Darah
Kurma memiliki kandungan untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung mengalami peningkatan ketika saat berbuka puasa. Biasanya naiknya tingkat keasaman darah karena setelah mengkonsumsi daging dan karbohidrat ketika makan untuk berbuka puasa. Untuk menghindari hal itu, sangat disarankan untuk memakan kurma terlebih dahulu sebelum memakan menu buka puasa

Mencegah Sembelit
Tidak jarang ketika puasa, orang banyak mengalami masalah dalam pencernaan seperti sembelit. Namun dengan rutin mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa akan mengatasi dan mencegah sembelit. hal itu dikarenakan di dalam kurma memiliki kandungan tinggi serat yang sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah dalam pencernaan.

Sumber Energi
Kandungan glukosa yang sangat tinggi dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali bugar setelah seharian menjalani puasa. Tapi bagi penderita diabetes, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kurma karena kandungan glukosa dalam kurma tidak baik pagi penderita diabetes.





SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar